Rabu, 22 Januari 2014

Perkembangan Teknologi Robotika Di Indonesia



Tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan robot di Indonesia adalah Endra Pitowarno, yang merupakan salah satu dosen dari PENS-ITS. Pada tahun 1989, Endra bersama empat dosen lainnya mengikuti joint research atau training di Kumamoto National College of Technology, Jepang.

Berawal Dari Micromouse
Sebenarnya, bidang yang dipelajari Endra tidak berhubungan langsung dengan robotika. Hanya saja, laboratorium tempatnya belajar sedang menggeluti proyek robotik. Dan kebetulan, dari semua dosen yang mengikuti joint research, hanya Endra yang tertarik mempelajari robotika.
Mengutip laman PENS-ITS, Kamis (19/12/2013), dirinya tertarik memperdalam bidang robotika karena Jepang adalah negara yang paling hebat mengembangkan robotika. Robot yang dipelajarinya pertama kali berupa micromouse atau robot tikus.
Robot tikus inilah yang dibawa pulang ke Indonesia untuk oleh-oleh mahasiswa Endra. Dan tak disangka, dari 60 mahasiswa angkatan pertama, 12 mahasiswa di antaranya berhasil membuat karya Tugas Akhir (TA) bertema robotika.
Salah satunya membuat robot route runner atau yang sekarang dikenal dengan line tracer. Saat proses pembuatan TA itu banyak hal yang menambah antusias mahasiswa untuk mempelajari teknologi robotika.

Robot Indonesia Kalahkah Robot Jepang

Alhasil, para ahli robotik dari Jepang tahu kalau orang Indonesia bisa membuat robot. Dan akhirnya tim PENS-ITS diundang oleh perusahaan penyiaran Jepang Nippon Hooso Kyokai (NHK) untuk berlaga dalam kontes rovot NHK Robocon pada tahun 1991.
NHK Robocon merupakan ajang lokal yang antar politeknik di Jepang. Jadi, saat itu PENS-ITS merupakan satu-satunya peserta dari negara lain. Tak dinaya, robot PENS-ITS yang bernama Bima X-1 mampu mengalahkan robot dari Kyoto pada pertandingan pertama.
Meskipun kalah pada pertandingan berikutnya, PENS-ITS tetap membawa pulang trofi karena Bima X-1 dinobatkan sebagai 'The Best Idea'. Kemudian, Pihak NHK kembali mengundang mereka dalam NHK Robocon 1992.
Memboyong robot CARAKA XH, PENS-ITS yang membawa bendera merah putih mengejutkan Jepang dengan menembus semifinal dan meraih juara ketiga. Prestasi itu pun cukup membuat Jepang kaget, hingga pada kontes NHK Robocon di tahun berikutnya, PENS-ITS tidak diundang lagi oleh NHK.

Lahirnya Kontes Robot Indonesia

Meski demikian, mereka tak putus asa dan akhirnya muncul ide untuk mengadakan kontes robot bernama Indonesian Robot Contest (IRC) yang kemudian menjadi Kontes Robot Indonesia (KRI).
Terdapat delapan tim dari empat institusi peguruan tinggi yang berlaga dalam IRC 1993 kala itu. Hingga tahun 2007, sudah 9 kali KRI digelar, di mana sejak tahun 2002, KRI rutin diadakan sekali dalam setahun hingga tahun ini.
Tidak hanya KRI, atas usulan pihak Universitas Indonesia, sejak tahun 2004 juga dilangsungkan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) bersamaan dengan digelarnya KRI. Beberapa tahun terakhir peminat KRI dan KRCI mengalami kenaikan yang signifikan.
Tahun 2007, tercatat 138 pendaftar untuk KRI dan 205 untuk KRCI. Menandakan bahwa robot semakin digandrungi di Indonesia. Di tahun ini ada berbagai kategori yang dipertandingkan dalam KRI, yaitu Robot Sepak Bola, Robot Menari, dan Robot Pemadam Api.
Robot Indonesia Masuk 8 Besar Dunia
Tim Robot EEPIS Robot Soccer (EROS) dari PENS-ITS dikabarkan masuk delapan besar dunia dalam Kontes Robot Dunia RoboCup 2013 di Eindhoven, Belanda pada 26-30 Juni 2013.
Dilaporkan Antara, langkah EROS terhenti di 8 besar dunia karena wakil Indonesia di ajang itu harus puas dengan skor 1-3 melawan tim robot sepak bola AUT-Man dari Iran di perempat final.
Pada pertandingan sebelumnya, EROS berhasil memenangkan pertandingan melawan TH-MOS dari Tsing Hua University China dengan skor 6-0. Pertandingan lainnya yang dimenangi EROS adalah saat melawan WF-Wolf dari Juara Jerman Open 2013 dengan skor 4-0.
Dua pertandingan lainnya melawan SnoBots dari Universitas Manitoba Canada juga menang dengan skor 5-0 dan pada saat melawan Cyberlords La Salle dari Universitas La Salle Mexico dengan skor 10-0. (isk)
http://tekno.liputan6.com/

Perkembangan Teknologi Animasi Di Indonesia

Animasi Indonesia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kebutuhan animasi untuk kepentingan kebutuhan iklan sudah cukup terpenuhi. Demikian juga kebutuhan animasi untuk kebutuhan trik dalam film live juga sudah terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan film live mancanegara pun trik melalui animasinya dilakukan oleh animator Indonesia. Film animasi asing, termasuk yang sedang beredar di Indonesia, juga dibuat oleh animator Indonesia. Beberapa animator Indonesia bekerja untuk membuat film animasi negara lain. Usaha animasi yang terkemas dalam bentuk industri, masih sangat sedikit.


Ada beberapa yang mengemas usahanya dalam bentuk industri tetapi belum banyak yang memproduksi film (serial maupun layar lebar) untuk kepentingan film animasi dalam negeri. Usaha terbanyak adalah mendudukkan animatornya sebagai tenaga outsourcing untuk membuat film animasi luar negeri. Bila perhitungan kebutuhan film (serial) animasi di Indonesia didasarkan pada jumlah stasiun televisi nasional dan lokal dikalikan dengan frekuensi penayangan film (serial) animasi setiap minggunya, akan menghasilkan angka yang mengejutkan. Sayangnya hampir seluruh angkanya dipenuhi oleh film (serial) animasi asing.


Bagi animator Indonesia, kesalahan kondisi ini dilemparkan kepada ketiadaan dukungan para pemangku kepentingan pada film animasi nasional, dan murahnya harga beli film (serial) animasi oleh sebuah stasiun televisi. Murahnya harga beli film animasi sangat jauh dari mimpi animator Indonesia yang menginginkan keuntungan dengan sekali jual karyanya ke satu stasiun televisi. Keterampilan membuat animasi diperlukan juga untuk membuat game, baik game on line yang biasanya berjenjang dan berkesinambungan yang sering membuat kecanduan pemainnya tetapi mendatangkan uang yang banyak bagi penciptanya, maupun arcade (game pendek dan instan). Usaha kreatif lainnya yang lahir dari animasi adalah show di antara komunitas tertentu yang menampilkan karakter animasi lengkap dengan kostum dalam film animasi (cost-play).


Penjualan hasil merchandising karakter film (serial) animasi juga merupakan usaha kreatif yang patut diperhitungkan. Animasi memiliki long tail market yang bila diupayakan secara profesional akan menghasilkan.

Perbedaan Ps4 VS Xbox One



PlayStation 4 saat ini sekitar 50 persen lebih cepat dari saingannya, Xbox One. Beberapa sumber pengembang game tingkat tinggi telah menggambarkan perbedaan kinerja antara kedua konsol sebagai “signifikan” dan “jelas“.

Kontak kami telah memberitahu kami bahwa memori pembaca pada PS4 adalah 40-50 persen lebih cepat dari Xbox One, dan ALU-nya (Arithmetic Logic Unit) adalah sekitar 50 persen lebih cepat. Salah satu contoh dasar kami disarankan tidak melakukan optimasi untuk konsol, pengembangan platform agnostik dapat dijalankan sekitar 30fps pada resolusi 1920×1080 di PS4, sedangkan pada Xbox One hanya berjalan dikisaran 20 fps pada resolusi 1600×900. “Salah satu kelemahan pada Xbox One adalah penggunaan ESRAM-nya“, demikian dikatakan oleh salah satu pengembang game.
Microsoft menyadari masalah itu, sehingga baru-baru ini Microsoft segera menaikkan kecepatan clock Xbox One, dan bekerja keras untuk menutup kesenjangan antara PS4 tersebut, meskipun salah satu pengembang menragukan langkah yang dilakukan Microsoft tersebut dengan mengatakan, “Update kecepatan clock tidak akan signifikan, tidak akan mengubah banyak hal, namun langkah tersebut memang harus dilakukan, dari pada tidak ada tindakan sama sekali“.

Sumber lain mengatakan, tidak adanya penguncian hardware yang dilakukan pada kedua konsol. Sony dan Microsoft masing-masing masih mengerjakan driver grafis untuk setiap konsol, dan Xbox One tertinggal dalam hal ini. “Microsoft terlambat mengerjakan driver mereka dan hal tersebut merupakan pukulan bagi Microsoft”, ungkap salah satu sumber. Driver grafis pada Xbox One digambarkan sebagai sesuatu yang “mengerikan“. Driver grafis kedua konsol akan terus ditingkatlan sampai saat peluncuran keduanya, dan Microsoft akan berusaha mengejar ketertinggalannya sampai perbedaan performa yang sesedikit mungkin

Namun demikian, Xbox One masih memiliki keunggulan dari PS4 pada unsur lainnya. “Katakanlah anda menggunakan generasi prosedural atau raytracing melalui permukaan parametric, yaitu menggunakan banyak memori untuk menulis, dan tidak banyak menggunakan ALU untuk tekstru, Xbox One kemungkinan besar akan lebih cepat dari PS4″, demikian diungkapkan oleh pengembang lainnya.

Kedua perusahaan pengembang platform konsol tersebut tentu saja mendorong pengembang untuk mengambil keuntungan dari fitur unik masing-masing konsol (misalnya touch pad DualShock 4 dan Kinect), tapi ada sedikit antusiasme antara pengembang-pengembang yang diajak berbicara oleh Edge-online. “Sony dan Microsoft menginginkan para pengembang membuat sesuatu yang berbeda dari platform mereka masing-masing, sehingga memberikan pijakan yang kuat pada konsol mereka masing-masing untuk saling mengungguli satu sama lain, tetapi tanpa adanya alasan yang kuat untuk melakukan hal tersebut atau insentif yang baik, para pengembang mungkin tidak akan mau melakukan hal tersebut”, demikian diungkapkan salah satu pengembang.

Memang, walaupun ada jurang yang cukup lebar dalam hal kecepatan, perbedaan lintas platform dengan jeda peluncuran permainan akan diabaikan, karena tenggat waktu yang ketat antara peluncuran kedua konsol, sehingga lebih bijaksana bagi pengembang untuk sengaja membuat versi yang hampir identik untuk kedua konsol game tersebut.

Perbedaan Banjir Periode Jokowi Dengan Periode Sebelumnya



Dari tahun ke tahun, Jakarta tidak pernah lolos dari musibah banjir. Setiap pemimpin Ibu Kota ini memiliki cara tersendiri mengatasi masalah klise tersebut. Apa perbedaan pengendalian banjir yang dilakukan di dua masa kepemimpin di DKI Jakarta, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Fauzi Bowo (Foke)-Prijanto?

Kepala Bidang Perawatan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Djoko Soesetyo mengungkapkan, ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Jokowi, kata dia, lebih detail mengatasi banjir melalui perawatan sungai, waduk, saluran.
"Kalau dulu, kali, sungai, waduk, ngeruk-nya pakai tenaga manusia. Makanya, butuh waktu lama. Kalau saat ini, pengerukan lebih banyak menggunakan alat-alat berat sehingga waktu yang dibutuhkan cukup cepat," ujar Djoko saat menemani Jokowi blusukan di Cakung Drain, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2013). 

Namun, pengerukan dengan menggunakan alat berat, kata Djoko, membuat mekanisme bertambah. Pertama, perlu ada pengadaan alat berat lantaran jumlah alat berat yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih sedikit. Untuk itu, dalam APDB 2014 sudah dimasukkan pos anggaran pengadaan alat berat. Kedua, perlu waktu untuk implementasi pengerukan lantaran harus menggandeng perusahaan yang biasa mengoperasionalkan alat berat.
"Kita cuma punya enam unit alat berat, untungnya tahun depan mau ditambah karena perawatan (kali, waduk) ke depan dilakukan setiap hari. Makanya, kita gandeng perusahaan. Tapi, prosesnya lama karena harus melalui tender dulu, padahal kita butuh cepat," katanya.

Lebih rajin
Pengamat tata kota, Yayat Supriatna, juga menilai positif kinerja Jokowi-Ahok dalam mengatasi banjir. Meski baru sekitar setahun menjabat, upaya Jokowi mengatasi banjir dianggapnya lebih nyata ketimbang Foke, baik dari cara struktural maupun non-struktural.
Melalui cara struktural, Jokowi dinilai lebih rajin sowan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum. Tidak hanya itu, Jokowi juga aktif melakukan komunikasi dengan pemerintah kota di sekitar Jakarta. Jokowi juga lebih rajin mencari cara mengatasi banjir dengan bekerja sama dengan instansi negara.
"Tapi, memang pemerintah pusatnya yang saat ini belum terlalu aktif turun tangan menjalankan tugasnya. Tapi, dengan Jokowi rajin ke pusat, ia tahu jadwal pekerjaan Kemen PU. Kan dengan gitu Jokowi jadi mudah melakukan pemetaan kerja," ujar Yayat.
Adapun cara non-struktural, lanjut Yayat, Jokowi jauh lebih canggih ketimbang Foke. Jokowi lebih memberdayakan stakeholder di Ibu Kota, mulai dari perusahaan untuk dana corporate social responsibility (CSR), memberdayakan masyarakat di lingkungan, menggandeng musisi, seniman untuk kampanye lingkungan bersih. Bahkan, kata dia, sampai hal kecil, tetapi diyakini berimbas signifikan, misalnya membuat sumur resapan dalam di jalan-jalan.
"Ini tidak dilakukan oleh pendahulu. Sebelumnya lebih mengandalkan anggaran Pemda atau pinjaman asing. Tapi, bahayanya, pas tidak ada dana, mentok, ya tidak melakukan apa-apa. Padahal, banjir itu kan penanganannya butuh waktu cepat dan sigap," kata Yayat.

Target meleset
Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta terus menormalisasi 13 sungai, 12 waduk, dan 884 saluran penghubung di Ibu Kota. Namun, Jokowi memastikan normalisasi tidak selesai sesuai target awal pada Desember 2013. "Ada 12 waduk. (Sampai saat ini) paling baru selesai sekitar 20 persen," ujar Jokowi.
Jokowi menampik Dinas Pekerjaan Umum DKI tak bekerja dengan baik. Menurutnya, telatnya pengesahan APBD berimbas kepada telatnya pengerjaan sejumlah proyek.
Tidak hanya itu, banyaknya penduduk di bantaran waduk juga menjadi penghambat normalisasi. Selain itu, padatnya permukiman warga mengakibatkan alat berat tidak bisa masuk ke dalam waduk itu. Di sisi lain, untuk merelokasi warga bantaran, Pemprov DKI diketahui kekurangan rusun. Alhasil, normalisasi tak sesuai dengan harapan.
Situasi tersebut, lanjut Jokowi, sangat disayangkan. Pasalnya, 12 waduk tersebut kondisinya sangat memprihatinkan. Puluhan tahun tidak pernah dinormalisasi, penuh sampah, ditutup tanaman eceng gondok, dan bantarannya dikuasai permukiman penduduk.
"Kita akuilah. Kita ngomong apa adanya. Ngeruk Waduk Pluit aja belum tentu rampung, apalagi banyak, butuh waktu," lanjutnya.
Meski demikian, Jokowi memastikan normalisasi waduk akan menjadi program prioritas Pemprov Jakarta dalam APBD 2014. Tahun ini, kata Jokowi, boleh meleset. Tahun depan, ia yakin target menormalisasi waduk dengan kedalaman tertentu dapat tercapai.
Sumber :
http://megapolitan.kompas.com

Rabu, 01 Januari 2014

Mengintip Desain Windows 9

Windows 8.1 telah resmi dirilis beberapa waktu lalu, namun hanya memberikan sedikit perbaikan, yaitu kembalinya tombol Start. Banyak pengguna yang menginginkan perubahan signifikan sebenarnya.

Kini sebuah konsep untuk Windows 9 dirilis untuk mencoba mengobati rasa kekecewaan konsumen dengan berbagai hal yang mungkin akan membawa dampak baik di masa yang akan datang.

Dikutip dari Softpedia (23/11), Microsoft sepertinya akan merilis Windows 9 ini di tahun 2014 mendatang dengan beberapa fitur menarik. Hanya saja perusahaan tersebut hingga kini belum menjelaskan sedikit pun informasi untuk sistem operasi baru itu.

Para desainer yang bekerja untuk Windows 9 saat ini tengah berusaha keras guna mengobati rasa kecewa pada Windows 8 dengan memberikan yang terbaik. Hal-hal yang tidak ada pada Windows 8 nantinya akan ada di Windows 9. Anda akan dapat melihat hadirnya tombol Start di Windows 9.

Dilansir Softpedia (25/10), gambar prediksi tampilan Windows 9 telah diunggah oleh desainer bernama Miguel Cruz ke dunia maya.

Dalam gambar konsep Windows 9 ini, pengguna nantinya hadir dalam desain baru yang lebih datar baik untuk PC ataupun tampilan Metro UI nantinya. Selain itu, tampilan ikon menu pada dekstop serta menu bar-nya akan hadir dalam bentuk yang lebih besar.

Di Samping itu, juga terdapat perubahan tampilan Explorer dan juga pada tampilan tiles pada konsep Windows 9 buatan Miguel ini.

Namun masih jauh belum bisa dipastikan jika nantinya Windows 9 akan hadir di pasaran dengan mengusung tampilan sama persis dengan konsep buatan Miguel Cruz ini. Akan tetapi santer disebutkan jika Windows 9 ini akan dilepas Microsoft ke pasaran pada tahun 2014 hingga 2015 mendatang.

5 Pulau Dengan Gugusan Yang Menakjubkan

Kepulauan adalah bagian yang paling indah, damai, jauh dari kekerasan, sunyi, dan tempat yang unik di Bumi. Walaupun menjadi pulau tropis yang tersusun dari pasir pantai, atau sebuah pulau vulkanik dari punak gunung yang menjulang indah,mereka yang melihat dari luar angkasa dapat inspirasi untuk mengabadikannya yang diambil oleh astronot atau satelit. Berikut adalah 10 pulau dengan gugusan yang menakjubkan di Bumi.
Atafu hanya memiliki luas kurang lebih 5 mil dan merupakan yang terkecil dari tiga Atol di Kepulauan Tokelau, sebuah wilayah di Selandia Baru.

Atafu terdiri dari terumbu karang yang mengelilingi sisi-sisi sebuah gunung berapi yang sejak itu menjadi tidak aktif dan terendam. Seperti banyak Atol tropis, Atafu berbohong sangat rendah dan rentan terhadap kenaikan permukaan laut.
Kepulauan Galapagos adalah puncak gunung berapi di dasar laut di lepas pantai Amerika Selatan di sepanjang khatulistiwa. Aktivitas vulkanik yang membentuk pulau-pulau dianggap hasil dari segumpal bahan mantel panas yang naik dari jauh di dalam interior bumi.
Pulau terbesar, Isabela Isla, terbuat dari aliran lava yang mempunyai kemiringan enam lembut gunung berapi perisai. Bagian paling utara Isabela”s gunung berapi, di bagian atas gambar di atas, adalah Wolf Volcano, yang telah meletus sedikitnya sembilan kali sejak 1797.
Maladewa terdiri dari 1.192 pulau-pulau karang kecil menambahkan hingga hanya 115 mil persegi wilayah. Sekitar 330.000 orang tinggal di pulau-pulau, ketinggian rata-rata yang sedikit lebih dari 3 meter. Ini mungkin adalah negara terendah di dunia.
Pulau ini ditutupi gletser. Pulau ini hanya 6 mil lebarnya. Bawah es, pulau terdiri dari 500 juta tahun batu vulkanik overlain oleh batuan sedimen yang lebih muda.
Formasi bawah laut yang spektakuler di sebelah barat Pulau Eleuthera terbuat dari kalsium karbonat pasir yang telah mengikis dari terumbu karang dan disimpan di bukit pasir oleh arus laut.

5 Alasan Umum Orang Takut hantu

1. Takut Mati
Ada anggapan bahwa apabila seseorang melihat orang mati atau hantu maka hal tersebut adalah pertanda bahwa dia akan meninggal dunia dalam jangka waktu dekat.

Bahkan di beberapa negara di dunia ada mitos bahwa ketika seseorang melihat penampakan hantu maka umurnya di dunia sudah terpangkas.


2. Takut Kesurupan
Fenomena orang kesurupan memang sering terjadi tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di banyak negara. Ketakutan orang akan hantu juga salah satunya disebabkan akan hal ini.

Seseorang takut dengan hantu karena 'sesuatu' ini dapat memasuki raganya dan melakukan sesuatu hal yang tidak dia sadari dan inginkan. Dalam artian bahwa tubuhnya tidak lagi dalam kontrolnya.


3. Takut Dengan Wajak Buruk Rupa Hantu
Walaupun belum pernah melihat ataupun bertemu dengan hantu secara langsung, namun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka takut hantu karena dalam imajinasi mereka wajah dan performa dari 'sesuatu' tersebut sangat jelek dan menakutkan.


4. Doktrin
Doktrin merupakan salah satu hal kuat yang menjadikan seseorang takut hantu. Doktrin dalam hal ini seperti contohnya ketika di saat kecil, seseorang telah sering ditakut-takuti atau ditanamkan bahwa hantu itu bewajah jelek, menakutkan, berbahaya dan lain-lain.

Selain itu, penanaman imej dari hantu juga semakin kuat dengan bombardirnya cerita serta film atau segala sesuatu yang berasal dari media baik cetak maupun online tentang sosok sesuatu yang disebut hantu.


5. Sugesti
Secara psikologis, manusia memiliki sisi ketakutan akan sesuatu yang gelap dan tidak diketahui sebelumnya. Ditambah bombardir cerita atau pemberitaan dan film tentang hantu, maka rasa takut akan sesuatu yang tidak diketahui tersebut semakin besar.

Contohnya saja, ketika ada suara aneh di malam hari maka secara otomatis orang-orang yang mempercayai dan takut hantu akan menghubungkan bahwa suara tersebut adalah bunyi yang muncul karena gangguan 'sesuatu' itu.