Sabtu, 09 Juni 2012

Harapan Manusia


Harapan Manusia

setiap manusia yang ada di bumi ini pasti memiliki harapan, harapan setiap manusia pun berbeda beda dari manusia lainya. Harapan ada dikarenakan adanya keinginan yang mengarah kehal positif. Manusia selalu ingin menjadi lebih baik dari manusia yang lainnya. Hal itu sangatlah wajar dan umum, dikarenakan manusia ingin hidup dengan layaknya.
Harapan bisa didapat dari macam macam sumber, ada yang dari melihat film, imajinasi, bahkan cerita dari orang lain pun bisa menjadi harapan. Harapan mencakup hal yang luas, ketika seorng memiliki harapan maka orang itu pun harus berusaha untuk mencapai harapnya.
Tercapanya harapn seseorang dilihat bagaimana usaha orang tersebut untuk memwujudkan harapan itu

Agar sesesuai dengan pemetaan diatas, maka kita sebagai manusia yang mempunyai harapan harus bersungguh – sungguh dalam menggapainya, kemudian jangan lupa untuk berdoa atas semua yang kita lakukan agar tercapai harapan yang kita inginkan.
Harapan setiap manusia tidak selamanya tercapai, oleh sebab itu kita boleh larut dalam kegagalan apabila kita tidak bisa mencapai suatu harapan yang ada di benak kita. Karena tercapai tidaknya suatu harapan, sebenarnya itu tidak terlalu penting. Yang penting adalah suatu proses untuk mencapai harapan tersebut. Dimana dalam proses tersebut kita akan mendapatkan suatu pengalaman yang sangat berguna bagi diri kita sendiri atau bahkan orang lain (apabila nantinya ada orang lain yang mengalami dengan case yang pernah kita alami). Oleh karena itu teruslah memunculkan suatu harapan dan jangan pernah putus asa terhadap hasi yang buruk, karena kita masih mendapatkan value dari semua case yang kita kerjakan untuk mendapatkan suatu harapan yang ada dibenak kita.

Kemudian apa yang sebenarnya mendorong manusia mempunyai suatu harapan ? Salah satu penyebab seseorang berani untuk berharap adalah dorongan manusia terhadap kebutuhan sehari – hari. Contoh ilustrasinya adalah sebagai berikut :
Adi adalah seorang karyawan dari perusahaan swasta yang letaknya di Jakarta Barat. Namun karena dia ditempatkan di client – client persuahaan tersebut, Adi tidak stuck di 1 tempat saja, dia harus berpindah ke client selanjutnya jika project dari client sebelumnya sudah selesai. Rumah Adi sendiri berada di Depok karena kebutuhaannya untuk kuliah malam di universitas swasta di daerah Depok. Dalam case tertentu transportasi yang dia jalani setiap hari sangat mudah, yaitu dengan naik KRL (Kereta Api Listrik) karena kebetulan client yang sedang dikerjakan sekarang tempatnya berada di dekat stasiun KRL tersebut. Namun keadaan menjadi sulit ketika client selanjutnya adalah client yang letaknya di Jakarta Utara yang jauh dari stasiun KRL dan harus naik angkutan umum yang tidak cukup satu kali.

Dari Situasi tersebut timbulah suatu harapan dalam benak Adi untuk membeli motor agar dimanapun clientnya berada, dia tak perlu pusing harus berganti – ganti angkutan umum atau bahkan bertanya – Tanya harus naik apa agar bisa sampai ke Client A (misalnya). Agar dapat membeli motor, dia simpanlah beberapa persen dari uang gajian ditambah uang dari project2 sampingannya. Terpaksa Adi memangkas uang gajiannya yang biasanya digunakan untuk keperluan yang mendadak dan keperluan makannya. Meskipun terkesan “mencukup – cukupkan”, Adi harus melakukan itu demi mendapatkan sebuah motor sebagai sarana permudah transportasinya. Tak lupa Adi tetap berdoa agar mendapatkan pemasukkan uang selain gaji tiap bulan sehingga bisa menambah uang makannya.

Naah dari ilustrasi pendek tersebut sangat terlihat jelas bahwa harapan timbul dikarenakan keebutuhan sehari – hari, yaitu membeli motor. Apa usaha yang dilakukan Adi ? memangkas sebagian uang yang biasa digunakan untuk makan dan keperluan mendadak.
Disamping berharap, kita harus mempercayainya bahwa apa yang kita harapkan tersebut akan tercapai. Karena jika kita percaya maka kemungkinan tercapainya suatu harapan akan lebih besar daripada kita pesimis. Mengapa demikian ? ketika kita mempercayai sesuatu maka dengan otomatis sugesti yang kita bentuk adalah ‘dapat’, dari sugesti tersebut akan berefek pada semangat, pantang putus asa,sabar, terus menerus berdoa, dll sehingga tujuan tersebut dapat kita capai. Dari semua itulah seseorang akan mendapatkan segalanya yang dia inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar