Rabu, 01 Januari 2014

5 Pulau Dengan Gugusan Yang Menakjubkan

Kepulauan adalah bagian yang paling indah, damai, jauh dari kekerasan, sunyi, dan tempat yang unik di Bumi. Walaupun menjadi pulau tropis yang tersusun dari pasir pantai, atau sebuah pulau vulkanik dari punak gunung yang menjulang indah,mereka yang melihat dari luar angkasa dapat inspirasi untuk mengabadikannya yang diambil oleh astronot atau satelit. Berikut adalah 10 pulau dengan gugusan yang menakjubkan di Bumi.
Atafu hanya memiliki luas kurang lebih 5 mil dan merupakan yang terkecil dari tiga Atol di Kepulauan Tokelau, sebuah wilayah di Selandia Baru.

Atafu terdiri dari terumbu karang yang mengelilingi sisi-sisi sebuah gunung berapi yang sejak itu menjadi tidak aktif dan terendam. Seperti banyak Atol tropis, Atafu berbohong sangat rendah dan rentan terhadap kenaikan permukaan laut.
Kepulauan Galapagos adalah puncak gunung berapi di dasar laut di lepas pantai Amerika Selatan di sepanjang khatulistiwa. Aktivitas vulkanik yang membentuk pulau-pulau dianggap hasil dari segumpal bahan mantel panas yang naik dari jauh di dalam interior bumi.
Pulau terbesar, Isabela Isla, terbuat dari aliran lava yang mempunyai kemiringan enam lembut gunung berapi perisai. Bagian paling utara Isabela”s gunung berapi, di bagian atas gambar di atas, adalah Wolf Volcano, yang telah meletus sedikitnya sembilan kali sejak 1797.
Maladewa terdiri dari 1.192 pulau-pulau karang kecil menambahkan hingga hanya 115 mil persegi wilayah. Sekitar 330.000 orang tinggal di pulau-pulau, ketinggian rata-rata yang sedikit lebih dari 3 meter. Ini mungkin adalah negara terendah di dunia.
Pulau ini ditutupi gletser. Pulau ini hanya 6 mil lebarnya. Bawah es, pulau terdiri dari 500 juta tahun batu vulkanik overlain oleh batuan sedimen yang lebih muda.
Formasi bawah laut yang spektakuler di sebelah barat Pulau Eleuthera terbuat dari kalsium karbonat pasir yang telah mengikis dari terumbu karang dan disimpan di bukit pasir oleh arus laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar