Selasa, 10 Januari 2012

Majunya Perkembangan Ilmu Komputer di bidang Kedokteran

Perkembangan ilmu informatika teknologi dan komputer secara tidak langsung mempengaruhi perkembang ilmu-ilmu lainnya, seperti dalam bidang pendidikan, sains termasuk juga kedokteran. Semenjak ditemukannya jaringan komputer yang menciptakan internet yang dengan mudahnnya dapat menghubungkan semua orang di seluruh dunia sangat membantu proses berjalannya informasi ilmu kedokteran, dengan pengaksesan yang real time tidak terbatas ruang dan waktu, setiap orang dapat berdiskusi, bertukar informasi, berbagi ilmu melalui media internet.

Dengan internet pula informasi dan ilmu kedokteran dapat selalu terupdate, setiap harinya ribuan pengguna internet mengupload informasi-informasi baru, bila seseorang menginginkan suatu informasi maka orang tersebut dapat memilih informasi yang paling baru. Dengan kata lain semua informasi dalam internet selalu berjalan atau mengalir.
Ruang lingkup internet yang tidak terbatas menyebabkan semua orang dapat mengaksesnya lebih mudah sekalipun orang awam, tidak hanya orang-orang yang berkepentingan seperti dokter atau mahasiwa kedokteran saja yang memperoleh informasi penting itu.

Seperti yang telah dibahas diatas, internet mampu menghubungkan semua orang disetiap waktu tak terbatas tempat. Oleh karena itu dalam bidang kedokteran, sudah bukan merupakan khayalan lagi untuk dapat melakukan konsultasi medis jarak jauh, video konferens, ataupun simulasi operasi. Seorang pasien tidak perlu pergi ke tempat praktek dokter ataupun rumah sakit untuk melakukan konsultasi, cukup dengan menggunakan internet melalui aplikasi seperti skype ataupun yahoo messanger mereka dapat saling berkomunikasi. Video conference menjadi sangat dibutuhkan pada saat keadaan darurat, contonya saja bila seseorang mengalami kejadian yang tak terduga dirumahnya seperti luka bakar ataupun patah tulang yang perlu penangan cepat sedangkan klinik ataupun rumah sakit jauh dari tempat kejadian.

Bahkan isu-isu yang mulai berkembang sekarang ini proses operasipun dapat dilakukan menggunakan video conference tanpa hadirnya dokter utama pada saat operasi. Dokter tersebut memberikan instruksi-instruksi pada dokter pembantu dan juga perawat untuk melakukan operasi tersebut dari jarak jauh. Saat ini saja sudah ada robot yang dapat menggantikan dokter pada proses operasi jantung. Robot tersebut dikendalikan menggunakan joystic, dokter bedah dapat terus menjalankan proses operasi sambil melihat layar untuk memantau semua proses sehingga dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil. Dan bukan tidak mungkin di masa depan, bedah robotik ini dapat dilakukan dari kota lain atau lebih jauh lagi dengan internet yang diperlukan hanyalah link yang dapat diandalkan antara pengendali jarak jauh di tempat pasien dan lengan robotik berada,serta di tempat operatornya. Jika ada link yang dapat diandalkan, dokter dapat melakukannya dari lokasi mana pun di dunia.

Dengan video conference pula dokter-dokter diseluruh penjuru dunia dapat melakukan sharing, berdiskusi, dan membahas suatu permasalahan kedokteran. Mereka biasanya tergabung dalam grup-grup diinternet. Maka para kalangan medis dapat memecahkan suatu permasalahan medis secara bersama-sama dari tempat yang berbeda.
Sebagai kesimpulan, pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk kedokteran. Internet telah menjadi sumber informasi terbesar, terlengkap, dan terbaru dalam bidang kedokteran. Selain itu, kalangan medis di seluruh dunia kini sudah dapat saling berkomuniasi tanpa batas di internet. Internet juga berperan sebagai forum-forum diskusi ilmiah para kalangan medis. Dan munculnya displin ilmu informatika kedokteran sangat erat dengan teknologi informasi modern. Bukan tidak mungkin akan menjadi suatu kelaziman bagi seorang dokter bedah untuk melakukan operasi di depan komputernya sedang pasiennya berada jauh di belahan dunia yang lain.

sumber : www.paramithawahyupurnamasariayu.blogspot.com

1 komentar: