Sabtu, 31 Maret 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH


BAB 4. MANUSIA DAN CINTA KASIH
A.      PENGERTIAN CINTA KASIH
Cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung perasaan mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya, dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Cinta mempunyai peranan penting dalamkehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentuk keluarga dan pemeliharaan anak.
Cinta memiliki 3 unsur yang saling berkaiatan : Keterikatan, keintiman dan kemesraan. Bahwa dari 3 unsur cinta tersebut tidak sama kuatnya. Didalam kitab suci Alqur’an ditemui adanya fenomena cinta yang tersembunyi didalam jiwa manusia. Cinta memiliki tingkatan tingkatan : tinggi, menengah, dan rendah. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad dijalan Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orangtua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.
  1. CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk. Berbagai bentuk cinta ini bisa kita dapat dalam kitab suci Al Qur’an.
1.       Cinta diri
2.       Cinta kepada sesama manusia
3.       Cinta seksual
4.       Cinta kebapakan
5.       Cinta kepada Allah
6.       Cinta kepada Rasul
  1. KASIH SAYANG
Kasih sayang adalah perasaan sayang, persaan cinta atau perasaan sukakepada seseorang. Dalam rumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagian. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami istri atu anak2 yang telah dewasa, melainkan bayi yang masih merah pun dapat merasakan kasih sayang dari ayah dan ibunya. Kasih sayang merupakan dasar dari komunikasi dalam suatu keluarga.
  1. KEMESRAAN
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab, kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

  1. PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhan NYA yang diwujudkan dalam komunikasi ritual. Kecintaan manusai kepada Tuhan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini dikarena pemujaan kepada Tuhan adalah inti dari kehidupan, dalam kehidupan manusia banyak berbagai cara pemujaan kepada Tuhan sesuai pada aturan yang ada.
  1. BELAS KASIHAN
Dalam cinta sesama dibutuhkan belsa kasiahan, karna cinta disini bukan karna cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, dll melainkan karena penderitanya. Penderitaan ini mengandung arti yang luas. Jadi kata kasihan memiliki arti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain..
G.     CINTA KASIH EROTIS
         Cinta kasih erotis telah dicampurbaurkan dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuh cinta, cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Baik pandangan bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lebih dari pada perbuatan kemauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar